FAQ BAAK

Frequently Asked Questions (FAQ) BAAK

  1. Bagaimana caranya mengakses Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Online?
  2. Tiap mahasiswa diberikan hak akses berupa username dan password yang diberikan secara langsung oleh BAAK/Program Studi (Prodi) masing-masing di gedung Kampus B. Prosedur penggunaannya silakan mengikuti petunjuk yang ada di dalam SIAMON saat Login.

  3. Bagaimana bila password hilang/lupa?
  4. Silakan datang sendiri (tak boleh diwakilkan) ke kantor BAAK Kampus B pada jam kerja dengan menunjukkan KTM. Saat ini tidak ada layanan password melalui telepon, email, ataupun Facebook.

  5. Kapan jadwal pengisian KRS?
  6. Pengisian KRS dilaksanakan setiap awal semester dan diumumkan melalui jadwal pada layanan resmi. Pengumuman jadwal pengisian KRS disebarluaskan baik pada papan pengumuman maupun website atau media sosial resmi.

  7. Saya sudah membayar SPP di bank dan menyerahkan bukti pembayaran ke bagian Keuangan, tapi kok belum bisa mengisi KRS?
  8. Mungkin sedang banyak antrian pemasukan data, tunggulah beberapa saat.

  9. Bagaimana bila KRS saya hilang/rusak?
  10. Untuk sementara cetaklah KRS dengan format dari SIAMON, lalu serahkan pada BAAK untuk disahkan. Setelah itu simpanlah sampai akhir semester, agar dapat dijadikan BUKTI apabila terjadi kekeliruan data Kartu Rencana Ujian (KRU) nantinya.

  11. Bagaimana bila terlambat mengisi KRS?
  12. Pengisian KRS terlambat mengikuti jadwal yang diumumkan di kampus. Adapun aturan tambahan silakan ikuti petunjuk yang diberikan oleh masing-masing Program Studi/BAAK. Keterlambatan mengisi KRS akan mengakibatkan Anda dianggap tidak aktif pada kuliah pada semester tersebut.

  13. Dimana memperoleh surat Keterangan Aktif Kuliah?
  14. Surat Keterangan Aktif Kuliah dapat diperoleh dengan mengajukan permohonan ke Bagian Administrasi Umum, Kampus A, Jl. KP Tendean 2A, pada hari dan jam kerja.

  15. Bagaimana bila KTM saya hilang/rusak?
  16. Membuat surat kehilangan dari kepolisian (Polsek/Polres), kemudian serahkan ke Bagian Administrasi Umum untuk diproses lebih lanjut.

  17. Di kampus lain mahasiswa diberikan buku panduan yang berisi peraturan-peraturan sampai mata kuliah dan silabusnya. Tapi kenapa di STIKOM Balikpapan saya tidak mendapat buku panduan?
  18. Buku Panduan Akademik diberikan oleh STIKOM Balikpapan pada mahasiswa baru, bila Anda mahasiswa baru dan belum memperoleh buku Panduan Akademik, silakan memperolehnya di BAAK pada jam kerja dengan menunjukkan KTM aktif.

  19. Biodata mahasiswa terdapat kekeliruan (salah ketik nama atau kelahiran).
  20. Silakan lakukan perbaikan dengan menunjukkan KTM dan copy legalisir ijazah sebelumnya (SMA/Sederajat), kemudian serahkan ke BAAK Kampus B, pada hari dan jam kerja.
    Saran: lakukan perbaikan biodata segera bila menemukan kekeliruan mengingat data Anda akan dilaporkan ke Ditjen Dikti melalui EPSBED.

  21. Bagaimana bila data Indeks Prestasi Semester (IPS) saya di Siamon berbeda dengan versi cetak?
  22. Kemungkinan nilai baru masuk dan data di SIAMOn belum diperbarui. Bila dalam kurun waktu lama (lebih dari seminggu) tetap belum diperbarui, maka Anda bisa menanyakan pada BAAK dengan membawa KHS Anda yang asli.

  23. Bagaimana bila KHS saya hilang/rusak?
  24. Silakan copy arsip dari BAAK lalu dilegalisir. Jika arsip juga tidak ada, maka buatlah KHS dengan format mirip aslinya (format standar cetak seperti aslinya) kemudian serahkan ke BAAK untuk disahkan. BAAK akan memeriksa dan berhak menolak bila ditemukan perbedaan data dalam KHS. Perlu diketahui, KHS hanya diterbitkan sekali (1x) setiap semesternya dalam masa studi dan tidak dilakukan pencetakan ulang. KHS dibagikan hanya pada semester ketika KHS tersebut diterbitkan. Bila sudah mendapatkan KHS, silakan dokumentasikan sendiri KHS Anda jangan sampai hilang.

  25. Saya membutuhkan Transkrip Nilai untuk suatu keperluan, tetapi saya belum lulus dan masih aktif kuliah?
  26. Transkrip Nilai diterbitkan hanya untuk mahasiswa yang sudah Lulus atau Keluar/Pindah ke perguruan tinggi lain. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan arsip KHS Anda sendiri. Silakan copy arsip KHS Anda dan serahkan copy tersebut untuk dilegalisir di BAAK.

  27. Saya ingin pindah ke perguruan tinggi lain, apa saja syarat-syaratnya?
  28. Silakan buat surat permohonan keluar/pindah, bermaterai, diketik rapi dan ditujukan pada Ketua STMIK Balikpapan.
    Lengkapi persyaratan administrasi seperti bebas SPP, bebas pinjam perpustakaan, bebas pinjam laboratorium komputer.
    Serahkan persyaratan tersebut pada Bagian Administrasi Umum Kampus A untuk diproses lebih lanjut.

  29. Ijazah dan transkrip hilang/rusak/terbakar.
  30. Ijazah atau transkrip yang rusak/hilang tidak akan dicetak ulang. STMIK Balikpapan akan menerbitkan surat keterangan pengganti ijazah yang memiliki nilai setara dengan ijazah asli. Untuk itu, silakan buat surat permohonan pengganti ijazah/transkrip berisi data Anda dan sebab-sebab ijazah rusak/hilang, ditujukan kepada Ketua STMIK Balikpapan dengan dilampirkan:
    – Copy ijazah/transkrip (bila ada).
    – Surat keterangan kehilangan dari Kepolisian.
    Serahkan persyaratan tersebut pada Bagian Administrasi Umum Kampus A, Jl. KP. Tendean 2A Balikpapan, untuk diproses lebih lanjut.