FAQ Kurikulum D3

Link Daftar Kurikulum Baru 2010 Program Studi Manajemen Informatika (D3)

Penjelasan:

KURIKULUM 2010 DAN EKUIVALENSI

Kurikulum 2010 dirancang untuk menyiapkan lulusan Manajemen Informatika sesuai kebutuhan industri yang semakin berkembang saat ini. Kurikulum 2010 akan mulai diterapkan pada semester Gasal tahun akademik 2010-2011. Beberapa perubahan terlihat jelas pada kurikulum ini. Ada matakuliah lama yang ditiadakan, matakuliah baru yang ditambahkan, serta makakuliah yang mengalami pengurangan atau penambahan bobot SKS (Sistem Kredit Semester). Sistem praktikum pun yang dulunya berdiri sendiri sekarang menjadi satu dengan matakuliah yang bersesuaian. Selain itu, jika dilihat dari komposisinya, terdapat penambahan terhadap matakuliah KBK (Kelompok Bidang Keahlian). Dengan perubahan ini, mahasiswa diharapkan lebih terfokus pada pengembangan kemampuan berdasarkan bidang minat KBK.
Dalam penerapan kurikulum baru ini, perlu adanya ekuivalensi/penyetaraan. Ekuivalensi/penyetaraan memiliki prinsip tidak merugikan mahasiwa. Ekuivalensi terdiri dari 3 proses utama :

1. Memilah matakuliah yang telah lulus
2. Menghapus matakuliah yang tidak lulus
3. Memilih matakuliah pengganti dan melengkapi SKS.
4. Ekuivalensi dilakukan terhadap matakuliah :
a. Bahasa Inggris Komputer I ke Bahasa Inggris I
b. Bahasa Inggris Komputer II ke Bahasa Inggris II

Selama ekuivalensi, mahasiswa diberikan kesempatan untuk mendiskusikan dengan tim dosen yang telah dibentuk dengan membawa transkrip nilai. Dalam diskusi tersebut mahasiswa boleh menghapus matakuliah dengan nilai maksimal C dalam jumlah tertentu dengan syarat tidak boleh mengganggu masa studi.

Balikpapan, 16 Juli 2010
Ketua Program Studi Manajemen Informatika

Mundzir, S.Kom, MT

****************************************************************

FAQ (Frequently Asked Questions) :

  1. Nilai Pengantar Ekonomi (MD313, 2 sks) Andi sebelumnya D, kemudian Andi hendak mengulang Pengantar Ekonomi, tetapi matakuliah tersebut tidak ditawarkan. Apakah Andi cukup mengambil matakuliah Kewirausahaan (MBB302, 2 sks)?
    Jawab :
    YA, dan matakuliah Pengantar Ekonomi akan di EKUIVALENSI ke Kewirausahaan (MBB302, 2 sks)
  2. Nilai Pengantar Ekonomi (MD313, 2 sks) Andi sudah Lulus, pada Semester Ganjil 2010. Apakah Andi harus mengambil matakuliah Kewirausahaan (MBB302, 2 sks)?
    Jawab :
    TIDAK PERLU
  3. Mirip kasus nomor 1, Andi sudah mengikuti matakuliah Pendidikan Pancasila (MU413, 2 sks) dan lulus, tetapi belum mengikuti matakuliah Kewarganegaraan (MU373, 2 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak lulus (E). Apakah Andi wajib mengikuti Pendidikan Kewarganegaraan (MPK302, 3 sks)?
    Jawab :
    TIDAK PERLU, karena materi sudah terpenuhi.
    Matakuliah Pendidikan Pancasila akan di EKUIVALENSI ke matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan (MPK302, 3 sks)
  4. Mirip kasus nomor 3, Andi sudah mengikuti matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan (MU373, 2 sks) dan lulus. Dan juga sudah mengikuti matakuliah Pendidikan Pancasila (MU413, 2 sks) tetapi nilainya kurang (D) atau tidak lulus (E).
    Jawab :
    Matakuliah Pendidikan Pancasila sudah dihapus dikurikulum 2010 dan telah disetarakan dengan matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan
  5. Nilai Manajemen Umum (MD623, 2 sks) Andi sebelumnya B, tetapi Andi belum mengambil Dasar Manajemen Umum dan Bisnis (MD233, 2 sks). Apakah dengan begitu Andi wajib mengambil matakuliah Dasar Manajemen Umum dan Bisnis (MKK307, 2 sks)?
    Jawab :
    TIDAK PERLU, karena materi sudah terpenuhi.
  6. Budi sudah mengambil matakuliah Pemrograman Internet (ML313, 1 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Lab. Pemrograman Internet (ML323, 2 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak Lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti Pemrograman Web (MKB308, 3 sks)?
    Atau sebaliknya, Budi sudah mengambil matakuliah Lab. Pemrograman Internet (ML323, 2 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Pemrograman Internet (ML313, 1 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak Lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti Pemrograman Web (MKB308, 3 sks)?
    Jawab :
    TIDAK PERLU, karena telah memenuhi syarat dan materi sudah terpenuhi.
    Matakuliah Pemrograman Internet dan Lab. Pemrograman Internet dilakukan EKUIVALENSI ke kurikulum baru yakni Pemrograman Web (MKB308, 3 sks)
  7. Budi sudah mengambil matakuliah Pemrograman Internet Lanjut (MK483, 1 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Lab. Pemrograman Internet Lanjut (MK493, 2 sks) atau atau nilainya kurang (D) atau tidak Lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti Pemrograman Web Lanjut (MKB324, 3 sks)?
    Atau sebaliknya, Budi sudah mengambil matakuliah Lab. Pemrograman Internet Lanjut (MK493, 2 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Pemrograman Internet Lanjut (MK483, 1 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak Lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti Pemrograman Web Lanjut (MKB324, 3 sks)?
    Jawab :
    TIDAK PERLU, karena telah memenuhi syarat dan materi sudah terpenuhi.
    Matakuliah Pemrograman Internet Lanjut dan Lab. Pemrograman Internet dilakukan EKUIVALENSI ke kurikulum baru yakni Pemrograman Web Lanjut (MKB324, 3 sks).
  8. Budi sudah mengambil matakuliah Analisis Sistem Informasi (MK463, 2 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Perancangan Sistem Informasi (MK583, 2 sks). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti matakuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi?
    Atau sebaliknya, Budi sudah mengambil matakuliah Perancangan Sistem Informasi (MK583, 2 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Analisis Sistem Informasi (MK463, 2 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak Lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti matakuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (MKK310)?
    Jawab :
    TIDAK PERLU, karena telah memenuhi syarat dan materi sudah terpenuhi.
    Matakuliah Analisis Sistem Informasi dan Perancangan Sistem Informasi dilakukan EKUIVALENSI ke kurikulum baru yakni Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (MKK310, 3 sks).
  9. Budi sudah mengambil matakuliah Jaringan Komputer (ML523, 3 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Komunikasi Data (MK453, 3 sks) atau nilai kurang (D) atau tidak lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti matakuliah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data (MKB314, 3 sks)?
    Atau sebaliknya, Budi sudah mengambil matakuliah Komunikasi Data (MK453, 3 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Jaringan Komputer (ML523, 3 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti matakuliah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data (MKB314, 3 sks)?
    Jawab :
    TIDAK PERLU.
    Matakuliah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data dilakukan EKUIVALENSI ke kurikulum baru yakni Jaringan Komputer dan Komunkasi Data (MKB314, 3 sks).
  10. Budi sudah mengambil matakuliah Desain Grafis I (ML333, 3 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Desain Grafis II (MK473, 3 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti matakuliah Sistem Multimedia (MKB315, 3 sks)?
    Jawab :
    YA, dan matakuliah Desain Grafis I akan di EKUIVALENSI ke Desain Grafis dan Animasi (MKB309, 3 sks)
  11. Budi sudah mengambil matakuliah Teknik Animasi dan Multimedia (MK563, 2 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Lab. Teknik Animasi dan Multimedia (MK593, 2 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti matakuliah Sistem Multimedia (MKB315, 3 sks)?
    Atau sebaliknya, Budi sudah mengambil matakuliah Lab. Teknik Animasi dan Multimedia (MK593, 2 sks) dan Lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Teknik Animasi dan Multimedia (MK563, 2 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak lulus (E). Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti matakuliah Sistem Multimedia (MKB315, 3 sks)?
    Jawab :
    TIDAK PERLU.
    Matakuliah Teknik Animasi dan Multimedia dan Lab. Teknik Animasi dan Multimedia dilakukan EKUIVALENSI ke kurikulum baru yakni Sistem Multimedia.
  12. Budi sudah mengambil matakuliah Paket Program Aplikasi 1 (MK623, 2 sks) tetapi nilanya kurang (D) atau tidak lulus (E), tetapi Budi sudah mengikuti matakuliah Paket Program Aplikasi 2 (MD273, 2 sks) dan lulus. Apakah Budi tetap diwajibkan mengikuti matakuliah Paket Program Aplikasi (MKB302, 3 sks) ?
    Jawab :
    TIDAK PERLU
    Matakuliah Paket Program Aplikasi 1 (MK623, 2 sks) dan Paket Program Aplikasi 2 (MD273, 2 sks) dilakukan EKUIVALENSI ke kurikulum baru yakni Paket Program Aplikasi (MKB302, 3 sks)
  13. Budi sudah mengambil matakuliah Paket Program Aplikasi 1 (MK623, 2 sks) dan lulus, tetapi Budi belum mengikuti matakuliah Paket Program Aplikasi 2 (MD273, 2 sks) atau nilainya kurang (D) atau tidak lulus (E). Kemudian Budi hendak mengulang matakuliah Paket Program Aplikasi 2 tetapi matakuliah tersebut tidak ditawarkan dan tidak punya pasangan ekuivalensi matakuliah. Apakah yang Budi harus lakukan ?
    Jawab :
    Anda harus mengganti matakuliah Paket Program Aplikasi 2 (MD273, 2 sks) dengan salah satu matakuliah di kurikulum baru yang tidak mempunyai pasangan ekuivalensi matakuliah.
    Dan matakuliah Paket Program Aplikasi 1 (MK623, 2 sks) akan di EKUIVALENSI ke Paket Program Aplikasi (MKB302, 3 sks)
  14. Nilai Pengantar Ekonomi (MD313, 2 sks) Andi sebelumnya D, kemudian Andi hendak mengulang Pengantar Ekonomi, tetapi matakuliah tersebut tidak ditawarkan. Apakah Andi cukup mengambil matakuliah Kewirausahaan (MBB302, 2 sks)?
    Jawab :
    YA, dan matakuliah Pengantar Ekonomi akan di EKUIVALENSI ke Kewirausahaan (MBB302, 2 sks)
  15. Budi telah menempuh matakuliah berdasarkan hasil penyetaraan matakuliah pada kurikulum baru, tetapi masih belum memenuhi batas minimal jumlah SKS 102 sks (belum termasuk PKL [angkatan 2007, 2008, dan seterusnya] dan Tugas Akhir) ?
    Jawab :
    Harus memilih salah satu matakuliah pada kurikulum baru yang belum mempunyai pasangan penyetaraan matakuliah sesuai komposisi semester gasal atau genap, antara lain :
    – Bahasa Indonesia
    – Ilmu Sosial dan Budaya Dasar
    – Keamanan Sistem Informasi
    – Pemrograman Berbasis Jaringan
    – Database Oracle
    – Pengantar Sistem Telekomunikasi *
    – Sistem Informasi Geografis *

*****